Senin, 17 Agustus 2009

BB tidak naik : tetap memaksakan ASIX atau tambah sufor?

Bunda Arka ask...

Moms..
Babyku usia 23 hr, BB lahir 3,4 kg, sampai hari ini masih 3,4 kg. Sp.A-nya bilang seharusnya BB-nya sudah naik, kmd tanya menyusuinya gmn? sejauh ini pipis >8x per hari, BAB emg jarang paling 3-4x per hari, frekuensi nyususering banget tiap 1 jam sekali, satu kali nyusu skitar 30 menit, setelah itu tidur, ga lama bangun lagi. kl malem lebih intensif, sampe nyaris ga tidur sama sekali. udah ke konsultan laktasi, dilihat latch on katanya udah bnr, jd ktnya lebih sering disusui aja. rasanya ga mungkin diperbanyak lg deh frekuensi nyusunya,secara kl diamati siang hr cuma ada jeda 30 menit, malem nempel terus, bgmn lagi harus dipersering?? Sp.A-nya bilang demi kesehatan anak lebih baik ditambah sufor, krn tampaknya ASIX-nya ga berhasil.

Ada saran mom, what should i do? Apakah bertahan dengan ASIX tp bayiku jd kurus, or tambah sufor demi kesehatannya?


Mia Sutanto, Konselor Laktasi
Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) answer...

Menurut ilmu kedokteran mmg bayi baru lahir rata2 akan kehilangan BB sampai max10%. Arka waktu plg dari rumah sakit berapa BBnya? Kemudian, dlm waktu 2 minggu setelah bayi pulang ke rumah, diharapkan BB sudah naik lagi ke BB lahir.

Kemungkinan yang terjadi adalah ada kenaikan BB tetapi sangat lambat (diharapkan dlm 3 bln pertama kenaikan BB adlh min 500gr/bln). Kenapa? Nah ini yang harus dicari penyebabnya.

Kalau dilihat dari frekuensi BAK dan BAB, Arka sepertinya sudah cukup mendapatkan ASI. Tetapi ASI yang mana? Yang foremilk (kandungan lemak sedikit) atau yang hindmilk (kandungan lemak tinggi).

Berarti skrg harus dilihat, Arka menyusu secara EFEKTIF atau tidak? Lama dan sering menyusunya bukan berarti bayi minum ASI secara efektif. Yang perlu diperhatikan:

1. Pelekatan sdh benar atau blm;
2. Apakah terlihat bayi MINUM setiap kali menyusu, atau ternyata hanya ngempeng saja?
3. Bayi yg pelekatannya sdh benar bisa saja ternyata lebih sering ngempeng, kenapa..? Karena aliran ASInya kurang/tidak deras shg bayi malas mengisap dan kemudian jadi sedikit minum ASI. Untuk ini, bisa dicoba teknik breastcompression (meremas payudara) setiap kali terlihat bayi mengisap tetapi tidak menelan.

Jangan lupa tetap mengkonsumsi makanan2 yg dipercaya dapat meningkatkan produksiASI, tmsk makanan2 yg tinggi protein.

Kalau ternyata permasalahannya karena produksi ASI rendah, bisa dicoba juga utk konsultasi dgn dokter ahli laktasi utk mengkonsumsi obat utk meningkatkan produksi ASI.

Setelah semua daya upaya utk meningkatkan produksi ASI sdh dilakukan, tmsk minum obat, tmsk memastikan bayi minum ASI dgn teknik breast compression, dan ternyata bayi tidak berkembang dgn baik...selama bayi msh dibwh 4bln bisa dipertimbangkan utk diberikan tambahan sufor. TAPI, sufor tidak diberikan dgn botol + dot,melainkan langsung di payudara ibu dengan teknik suplementasi menggunakan alat bantu laktasi (lactation aid).

Bunda Arka, mudah2an sedikit penjelasan saya bisa membantu...and remember, there is more to breastfeeding than just breastmilk.

Breastfeed with love...!!

Salam ASI!

Tidak ada komentar: