Sabtu, 08 Agustus 2009

Waktu yang dibutuhkan untuk Perah ASI

>>Berapa lama sebaiknya waktu maximal kita memerah ASI? Apakah dampaknya bila melebihi waktu tersebut, apakah bisa mengakibatkan rusaknya jaringan PD?<<

Waktu max memerah ASI tergantung pada kondisi PD tiap ibu. Jika memakai pompa, baik manual maupun elektrik kita susah mengetahui apakah PD sudah kosong atau blm, sedang jika memerah dengan tangan, kita bisa tahu dengan mudah apakah PD sudah kosong/blm. Saya biasanya memerah max 10 menit. krn tdk bs meninggalkan meja lama2. dulu sebelum MPASI, saya memerah tiap 2 jam sekali. jadi dikantor saya memerah 5x. Kalau memerah dengan tangan, saat terpancing dgn LDR sampai 2x, biasanya PD sudah agak kosong. tp PD tdk seperti botol dot yang bisa habis bis bis total, tentu PD tdk sepenuhnya kosong, tp bisa dikosongkan dgn agak maximal dgn memerah tangan.

Saya ga pernah pakai waktu sebagai target ngumpulin ASIP, tapi jujur aja saya pakai botol ukur untuk menentukan target. Kl biasanya 3 jam sekali dapat 120cc, maka saya akan berjuang supaya hasil perahan tetap stabil 120 cc selama 3 jam.. Meskipun kadang terlambat 4jam beru merah, ya target bertambah jadi paling tidak mendekati 160cc.. ( Kondisi ini saya berlakukan karena saya full menyusui dengan ASIP saja, jd saya tahu kebiasaan bayi saya sekali minum berapa cc..)

Jujur aja krn kesibukan kadang telat2 merah itu biasa.. Makanya saya kejar target.. Rekor telat memerah selama 12 jam,n akhirnya memerah selama 1 jam.. (untungnya malem hari, jadi ga ada yg protes..) yah, dapetnya memang agak berkurang cuma jadi 3 botol @160cc.. Udahannya berjuang lagi biar target semula tercapai lagi..

Meskipun punya pompa elektrik, sebaiknya juga belajar memerah dengan tangan. Kombinasi, awal2 pake pompa dl.. pas udah keluarnya sedikit2, baru pake tangan.. Biasanya masih banyak yg keluar.. Sebaiknya memerah ASI, sampai PD terasa kosong. Kl cara memerahnya benar, ga merusak jaringan PD koq..

>>Ketentuan waktu memerah tiap PD, apakah sampai satu PD kosong baru pindah, atau berdasarkan waktu tertentu untuk pindah ke PD satunya lagi?<<

Waktu memerah PD harus bergantian, misalnya PD kanan diperah sekitar 1 menit, setelah tetesannya agak berkurang, pindah ke kiri. jd LDR sedang terpicu, malah bisa menetes dua2nya. jd biasanya saya tampung PD yg sedang tidak diperah dgn gelas/tutup botol :) ya pinter2nya kita saja mengatur ritme perah.


Hehe.. Kl saya, masih sama seperti jawaban tadi.. kl satu PD dapet 60cc, maka PD satunya juga sebisa mungkin dapet 60cc.. Biar PD seimbang n ga gede sebelah..

>>Kalau misalnya PD saya masih terasa penuh, sementara waktu perahnya sdh cukup lama, sekitar 30 menit, apakah lebih baik saya terus memerah sampai PD Kosong (dengan menambah waktu), atau berhenti memerah walaupun PD masih isi, karena waktunya sdh cukup lama?<<

Memerah sampai 30 menit? pakai pompa ya.. hehehe. makanya itu tadi, saran saya pakai tangan, agar bisa merangsang si LDR keluar. kalau sudah 30 menit, itu rasanya sdh terlalu lama. bisa diteriakin sama teman kantor nanti. mending berhenti saja dan diperah lagi 2 jam berikutnya. kalau saya sih memang sudah membatasi utk memerah cuma 10 menit.

Yup... gpp.. Selama PD belum kosong, lanjut aja deh... Asal ga ada yg protes... hehehe...


Question by Sita - Mama Ardell (3m5d)

Blue by ayasha's mom(11m)

Green by Cella's mom (1y 2w)

Tidak ada komentar: